Senin, 06 Desember 2010

ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN SOSIAL (SOCIAL DISCLOSURE) DALAM LAPORAN KEUANGAN TAHUNAN



ANALISA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN SOSIAL (SOCIAL DISCLOSURE) DALAM LAPORAN KEUANGAN TAHUNAN
ABSTRAK
            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan sosial dalam laporan tahunan. Variabel independent dalam penelitian ini adalah struktur kepemilikan, financial leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan dan umur perusahaan.
            Metode penelitian yang dilakukan adalah asosiatif. Penelitian ini mengambil 40 sampel perusahaan perbankan dan lembaga keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2008. Pengujian data dilakukan dengan menggunakan analisis statistic yaitu analisis regresi linier berganda, uji t, dan uji F. Uji t digunakan untuk menguji variabel independent secara parsial terhadap variabel dependen. Uji F digunakan untukmenguji pengaruh variabel independent secara bersama-sama terhadap variabel dependen.
            Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ditemukan bahwa variabel Struktur kepemilikan (Saham), Profitabilitas (Profit), Ukuran Perusahaan (Log), dan Umur Perusahaan (Umur), tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggungjawab sosial dalam laporan tahunan. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung dan nilai signifikansi dari masing-masing variabel tersebut
( 0,217 ; 0,819 ; 0,630; 0,398 > 0,05), sedangkan variabel financial leverage, menurut penelitian berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial (0,024< 0.05). dari hasil Uji F dapat disimpulkan bahwa secvara bersama-sama,  struktur kepemilikan  (Saham), financial leverage (Lev), Profitabilitas (Profit), Ukuran Perusahaan (Log), dan Umur Perusahaan (Umur) tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial dalam laporan tahunan, yang ditunjukkan dari F hitung 1,603 < 4, dengan tingkat signifikansi 0.186 > 0,05.

Kata Kunci : Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial,CSR, Struktur Kepemilikan, Tingkat Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar